Welcome to Mother's Cook!
This blog provide practical, easier, attractive, and of course very delicious recipes. For everyone who likes traditional food or beginner cook or lazy to cook but would like to eat tasty food by your own hand, you can take and try recipes from this blog.
Have your fun day!

Jumat, Mei 09, 2008

Buntil Daun Kacang



Kangeen banget sama masakan yang satu ini. Teringat waktu dulu suka makan buntil dari Magelang, uenaknya... Dibungkus daun pisang, daun talasnya bisa nyunyut mak nyuss. Berhari-hari penasaran pengin buat. Seminggu lalu pas ke pasar kaget dekat rumah tanpa sengaja ada satu pedagang sayur & bumbu langganan yang nawarin buntil. Namanya....pucuk dicinta ulam tiba! Tapi ternyata sampai hari ini tadi masih penasaran juga pengin buat. Setidaknya pengin tahu cara buatnya. Berdasarkan informasi sana sini mengenai bumbunya, akhirnya dibuat juga buntilnya. Biasanya buntil menggunakan daun talas atau daun pepaya, tapi meski tak ada daun talas daun kacang pun jadi... tidak dibungkus lagi!

Bahan :
6 unting daun kacang (mbayung-Jawa)
1 butir kecil kelapa parut muda
12 potong ikan pindang cuwe/tongkol
100 ml santan kara
250 ml air

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
5 cabe rawit keriting (bisa diganti atau ditambah dengan cabe rawit utuh)
3 butir kemiri
1 ruas kunyit
1/2 sdt ketumbar bubuk
Garam secukupnya

3 lembar daun salam
2 iris lengkuas

  1. Daun kacang dipetik, dicuci, direbus sebentar sampai agak empuk, tiriskan.
  2. Atur daun kacang yang sudah direbus tadi di atas piring/alas menjadi lembaran-lembaran yang dapa digunakan untuk membungkus seperti kalo membuat lumpia.
  3. Isi dengan kelapa parut kira-kira 1 sdm dan ikan pindang, bungkus. Kalo mau dikasih "ranjau" bisa ditambahkan cabe rawit utuh di dalamnya.
  4. Tumis semua bumbu sampai matang, lalu masukkan santan, aduk-aduk sampai mendidih, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan gulungan daun kacang yang sudah diisi tadi. Panaskan dengan api kecil. Tunggu sampai asat. Kalo kurang empuk, tambahkan air panas, panaskan dengan api kecil sampai asat lagi.

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!