Welcome to Mother's Cook!
This blog provide practical, easier, attractive, and of course very delicious recipes. For everyone who likes traditional food or beginner cook or lazy to cook but would like to eat tasty food by your own hand, you can take and try recipes from this blog.
Have your fun day!

Kamis, Mei 08, 2008

Risoles

Malam Sabtu kemarin nungguin bapaknya anak-anak sampai jam 02.30 dini hari, lha kok malah kebablasan ga bisa tidur. Akhirnya, biar ngantuk buat kegiatan ngupas wortel trus marut dan ngiris-iris loncang (daun bawang). Ceritanya pengin buat risoles sekaligus bisa dijual di arisan ibu-ibu RW Sabtu siang. Yaah, karena masih mencoba, maka buatnya ga banyak. Secara garis besar resep didapat dari ibukku, tapi semua ukuran saya coba sendiri. Alhamdulillaah berhasil, cuma sedikit keasinan (minta kawin kali.....hihi). Inilah dia.....

Bahan isi :
2 buah wortel
4 tangkai daun bawang
125 gr ayam cincang
100 gr terigu
Air
2 sdm mentega/margarin

Bumbu isi :
3 siung besar bawang merah, iris tipis
1 buah bawang bombay, cincang
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
100 ml susu cair
2 sdm gula pasir

Bahan kulit :
2+2 butir telur
250+100 gr terigu
450 ml air
5 sdm maizena
75 ml minyak goreng (kurleb 2 sendok sayur)
Garam sedikit
125 gr tepung panir (tepung roti)

  1. Isi. Pertama-tama, cincang wortel (boleh diparut), iris daun bawang, dan cincang daging ayam.
  2. Siapkan semua bumbu isi, lalu siapkan terigu 100 gr dicampur air hingga volumenya 250 ml.
  3. Tumis bumbu isi dengan mentega, jika sudah wangi masukkan wortel, daun bawang.
  4. Jika sudah matang masukkan susu cair dan gula pasir, aduk rata. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit terigu campur air yang sudah disiapkan dilangkah 2. Terus aduk sampai matang, mendidih. Dinginkan.
  5. Kulit. Kocok telur 2 butir sampai sedikit mengembang, lalu masukkan sedikit demi sedikit terigu 250 gr dan air bergantian sambil terus diaduk-aduk biar tidak ada yang menggumpal. Lalu masukkan maizena yang sudah dicampur rata dengan sedikit adonan kulit. Kalo ternyata ada yang menggumpal, saring adonan.
  6. Masukkan minyak goreng dalam adonan. Campur rata. Adonan siap dimasak menggunakan pan.
  7. Panaskan pan lebih dulu, kalo sudah panas, tuangkan adonan kulit kira-kira 1 sendok sayur besar, segera ratakan tipis pada pan dengan menggoyang-goyang pan. Panaskan lagi hingga kulit matang dan tidak lengket.
  8. Setelah kulit selesai dibuat, tunggu dingin baru diberi isi 1-2 sdt dengan meletakkan isi kira-kira di 1/3 tengah bawah, lalu lipat kulit.
  9. Setelah kulit diberi isi, taburi dengan terigu samapi rata, lalu masukkan pada kocokan telur (2 butir, boleh dikasih air sedikit aja), tiriskan sebentar, taburi dengan tepung panir. Siap digoreng.
  10. Jadi deh, kira-kira 20 biji.

Tidak ada komentar: