Welcome to Mother's Cook!
This blog provide practical, easier, attractive, and of course very delicious recipes. For everyone who likes traditional food or beginner cook or lazy to cook but would like to eat tasty food by your own hand, you can take and try recipes from this blog.
Have your fun day!

Selasa, November 04, 2008

Soto Santan Daging

Seminggu lalu jalan-jalan ke Bogor, ke tempat saudara di daerah Tajur. Pulang dari sana, cuci mata sedikit di industri rumah tas & sepatu yang terkenal itu. Tapi ada satu yang kutunggu-tungggu, yaitu makan soto mie Bogor. Trus coba cari-cari katanya di dekat pabrik ban Good Year ada yang terkenal enak, eh ga ketemu-ketemu, malah ketemu soto santan sapi Bang Ali. Tempatnya sederhana tapi cukup rame & rasanya lumayan... Ngeliat Saza & Ima makan keenakan jadi penasaran deh untuk buat sendiri. Rasanya ga jauh beda dengan soto daging di Kediri or soto ayam di Bok Ijo or soto Kediri buatan saya (tapi punya saya pake ayam). Selak penasaran kemarin pas Bapak datang dari Yogya saya masak soto santan, dan ternyata...mm sedep!

Bahan :
1/4 kg has dalam
1/2 kg daging pipi
3 liter air
150 ml santan kara
1 tangkai besar loncang, diiris tipis
1 buah tomat merah, dibelah 4

Bumbu : (sama persis soto kediri tanpa kunyit)

Bumbu halus :
7 siung bawang putih
11 siung bawang merah
7 butir kemiri
1,5 sdm ketumbar bubuk
2 cm jahe
1 sdt merica bubuk
Garam secukupnya

5 lembar daun salam
5 iris lengkuas
3 tangkai besar sereh, digeprek
5 lembar daun jeruk

  1. Tumis semua bumbu.
  2. Daging dipresto bersama bumbu yang sudah ditumis dan air 1 liter, 20 menit.
  3. Panaskan air 2 liter.
  4. Pindah kaldu dan air rebus 2 liter ke dalam panci biasa. Iris daging sesuai selera. Masukkan ke dalam panci.
  5. Tuang santan ke dalam panci, didihkan. Lalu masukkan irisan loncang. Terakhir masukkan tomat.
Pelengkap : tauge/kecambah, bawang merah goreng, irisan daun seledri, cabe rawit merah godhog.

Rabu, Oktober 22, 2008

Krengsengan

Lagi-lagi ini nih masakan Jawa Timur. Pertama kali ngrasain waktu di Kediri. Bahan yang digunakan bisa kambing, bisa ati ampela ayam. Mungkin pake yang lain juga bisa. Sekitar 3 minggu lalu waktu Bapaknya anak-anak ke Kediri ngantar Shiddiq, tiba-tiba rasanya pengin makan kambing krengsengan tapi mau ke pasar malasnya bukan main karena jalannya kurang nyaman menuju pasar terdekat yang jual kambing. Kebetulan saya lupa resepnya (dulu pernah tanya ke Ibu mertua), trus saya telpon ke Kediri tanya lagi deh... Ternyata saya baru tahu kalo bahannya bisa diganti dengan ati ampela ayam. Setelah beberapa hari nunggu tukang ayam yang lewat rumah bawa ati ampela, baru deh nyobain masak krengsengan. Wuih,wuih... gara-gara saking penginnya makan kambing mungkin, meski yang dimasak ati ampela ternyata rasanya jadi kambing! Uennak! Buatnya guampang lagi.

Bahan :
Ati ampela/daging kambing
Cabe rawit merah utuh, jika suka

Bumbu :
Bawang putih, dihaluskan
Bawang merah, dihaluskan
Merica, dihaluskan (bubuk)
Kecap manis
Garam
Daun jeruk
Petis udang, jika suka

  1. Ati ampela atau kalo daging kambing dipotong-potong dulu sesuai selera, diberi seluruh bumbu kecuali daun jeruk (dan petis) selama kurleb 30 menit.
  2. Masukkan bahan yang sudah dibumbui, cabe rawit, daun jeruk, dan petis dalam kuali. Panaskan dengan api kecil (ungkep) sampai matang.

Jumat, Agustus 29, 2008

Perkedel kentang

Ternyata buatnya gampang-gampang susah...

Bahan :
1 kg kentang
50 gr terigu
2 sdm margarin
50 gr daging giling
2 tangkai daun loncang diiris kecil-kecil

Bumbu :
8 siung bawang merah, diiris tipis, digoreng (bawang merah goreng kurleb 3 sdm)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt pala bubuk
100 ml air

  1. Kentang dimasak sampai empuk, bisa direbus atau dikukus atau dikupas dulu lalu diiris lalu digoreng. Kalo mau lebih irit bahan bakar, digoreng.
  2. Tumbuk/haluskan kentang.
  3. Haluskan bawang merah goreng.
  4. Campurkan daging giling, bawang merah goreng halus, merica, pala, garam sedikit dulu.
  5. Panaskan air dengan api kecil, masukkan margarin sampai meleleh, lalu masukkan terigu. Campur sampai kalis. Campurkan adonan kentang dengan adonan terigu di atas api kecil sampai benar-benar campur. Matikan api.
  6. Masukkan telur 1 butir dalam adonan, campur sampai rata.
  7. Kocok lepas telur. Bentuk adonan sesuai selera, lalu celupkan ke dalam kocokan telur sebelum digoreng.
  8. Mmmm enyak enyak enyak....

Ada kesalahan di dalam gadget ini