Welcome to Mother's Cook!
This blog provide practical, easier, attractive, and of course very delicious recipes. For everyone who likes traditional food or beginner cook or lazy to cook but would like to eat tasty food by your own hand, you can take and try recipes from this blog.
Have your fun day!

Rabu, Oktober 22, 2008

Krengsengan

Lagi-lagi ini nih masakan Jawa Timur. Pertama kali ngrasain waktu di Kediri. Bahan yang digunakan bisa kambing, bisa ati ampela ayam. Mungkin pake yang lain juga bisa. Sekitar 3 minggu lalu waktu Bapaknya anak-anak ke Kediri ngantar Shiddiq, tiba-tiba rasanya pengin makan kambing krengsengan tapi mau ke pasar malasnya bukan main karena jalannya kurang nyaman menuju pasar terdekat yang jual kambing. Kebetulan saya lupa resepnya (dulu pernah tanya ke Ibu mertua), trus saya telpon ke Kediri tanya lagi deh... Ternyata saya baru tahu kalo bahannya bisa diganti dengan ati ampela ayam. Setelah beberapa hari nunggu tukang ayam yang lewat rumah bawa ati ampela, baru deh nyobain masak krengsengan. Wuih,wuih... gara-gara saking penginnya makan kambing mungkin, meski yang dimasak ati ampela ternyata rasanya jadi kambing! Uennak! Buatnya guampang lagi.

Bahan :
Ati ampela/daging kambing
Cabe rawit merah utuh, jika suka

Bumbu :
Bawang putih, dihaluskan
Bawang merah, dihaluskan
Merica, dihaluskan (bubuk)
Kecap manis
Garam
Daun jeruk
Petis udang, jika suka

  1. Ati ampela atau kalo daging kambing dipotong-potong dulu sesuai selera, diberi seluruh bumbu kecuali daun jeruk (dan petis) selama kurleb 30 menit.
  2. Masukkan bahan yang sudah dibumbui, cabe rawit, daun jeruk, dan petis dalam kuali. Panaskan dengan api kecil (ungkep) sampai matang.

Tidak ada komentar: